Tips Membuat Desain Rumah Kayu Anda Berdiri Kokoh Selamanya

rumah kayu modern

Memiliki desain rumah kayu yang indah dan menciptakan harmoni alami memang menyenangkan, namun apakah rumah kayu tersebut bisa berdiri kokoh selamanya? Jika anda bertanya pada arsitek maka kebanyakan akan bilang rumah kayu bisa memiliki umur yang sama dengan rumah yang dibangun dengan konstruksi bata dan mortar standar.

Lalu, bagaimanakah cara untuk memastikan atau setidaknya usaha-usaha apa yang perlu dilakukan agar rumah yang terbuat dari kayu tersebut memang bisa bertahan lama? Dikutip dari laman situs homify.hk , kami telah merangkum tips yang akan berguna untuk memperpanjang umur rumah kayu anda.

Jika anda telah mempertimbangkan dengan matang untuk kemudian memutuskan membangun rumah anda menggunakan bahan dasar kayu, pastikan untuk membaca terus artikel ini agar anda mendapatkan insight yang bermanfaat bagi anda tidak ada lagi kecemasan dan keragu-raguan,dalam membangun rumah kayu idaman anda.

Berikut ini 5 tips agar rumah kayu idaman anda memiliki umur yang panjang dan bisa berdiri kokoh dalam waktu yang sangat lama.

1. Pilih bahan konstruksi desain rumah kayu sesuai dengan tujuan Anda

Anda dapat melindungi umur rumah kayu anda bahkan sebelum anda membangunnya. Yaitu dengan memilih bahan bangunan yang berkualitas bagus.

Jika perlu anda bisa berkonsultasi dengan orang profesional dibidangnya untuk memastikan anda menyediakan jenis kayu yang kuat dan kokoh dalam kondisi ekstrim sekalipun. Serta bahan pendukung lainnya yang memiliki brand yang sudah terkenal akan kualitas serta ketahanannya.

JIka anda memiliki anggaran yang cukup, memiliki kayu serta bahan pendukung lainnya yang berkualitas untuk membangun rumah anda seharusnya tidak menjadi kendala yang berarti. Karena rumah tersebut akan menjadi investasi jangka panjang anda.

2. Minimalkan bahan-bahan yang terbuat dari bahan yang keras

Tidak harus juga meminimalkan paparan elemen bahan keras, tapi ada baiknya anda bisa juga memiliki plot yang terlindung untuk membangun rumah anda. Jangan lupa kalau kayu juga perlu dirawat, bisa jadi semakin anda khawatir dengan rumah kayu anda, semakin baik.

Minimalkan penggunaan bahan kayu yang kurang berkualitas karena secara tidak langsung akan memperpendek umur rumah kayu anda.

3. Minimalkan paparan air hujan selama pembangunan

Kayu memiliki karakteristik serbaguna dan bisa basah pula jika tidak diberi perlindungan tambahan. Karena itu perlu perhatian ekstra agar umurnya bisa berlangsung lebih lama.

Jika dibiarkan mengering dengan benar selama tahap konstruksi, maka itu adalah ide yang bagus untuk meminimalisir paparan air ke kayu.

Hal ini akan membantu mencegah kayu dari pelengkungan, penyusutan, atau pembengkakan yang bisa berdampak pada ketahanan, bentuk, maupun desain rumah kayu anda. Yang pada akhirnya akan merusak estetika desain rumah kayu yang sebelumnya telah anda atau arsitektur rumah anda rancang dengan sempurna.

4. Gunakan cat yang sesuai dengan desain rumah kayu keinginan Anda

Anda perlu memberi corak untuk bahan mentahnya dengan cat yang anda pilih dengan hati-hati saat rumah anda dibangun. Anda bisa memikirkan tentang kondisi cuaca yang mungkin anda hadapi untuk rumah anda dalam menyesuaikan warna cat rumah anda.

Jika anda tinggal di daerah dengan curah hujan yang tinggi, mungkin anda bisa mempertimbangkan corak warna dan juga memiliki kandungan kimia yang bisa memberikan perlindungan tahan air. Anda juga perlu berhati-hati saat mengaplikasikannya, jangan lewatkan semua area sedikitpun apalagi mengerjakannya dengan terburu-buru, karena anda bisa kecewa dimasa depan.

5. Jadwalkan secara rutin untuk pemeliharaan

Semua rumah, baik itu terbuat dari kayu maupun yang bukan, membutuhkan perawatan dan perhatian yang berkesinambungan. Khususnya untuk rumah kayu, anda membutuhkan perawatan yang sedikit lebih intensif agar bisa berumur lebih lama.

Ada baiknya setiap tahun anda menelusuri setiap sudut rumah anda untuk mencari tanda-tanda pembusukan atau serangan hama, serta menambahkan lapisan cat atau noda baru yang ditimbulkan seiring berjalannya waktu.

Anda juga bisa memastikan untuk melihat pengunci jendela dan pintu, untuk memastikan rumah anda aman. Periksa juga apakah ada lubang yang bisa membuat air masuk ke tempat yang tidak semestinya. Tutup segera dengan cat atau bahan pendukung lain, untuk setiap celah yang ada.

Itulah setidaknya 5 tips untuk membuat rumah kayu anda bisa bertahan selamanya dan bisa bertahan selama mungkin untuk anda tinggali sendiri maupun bersama keluarga tercinta. Dengan melakukan tips diatas secara konsisten, bukan mustahil memiliki rumah kayu yang bisa tahan puluhan tahun.

Semoga tips diatas bermanfaat bagi anda. Jika anda membutuhkan rumah kayu beragam desain dan sudah terbukti puluhan tahun berkualitas dan tahan lama, anda bisa menghubungi kami untuk informasi selanjutnya.

Ikuti terus artikel bermanfaat kami lainnya untuk mendapatkan insight serta berbagai info menarik lainnya tentang rumah kayu yang semakin menjadi tren properti saat ini.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Rekomendasi Artikel