Rekomendasi Rumah Papan Sederhana di Desa Desain Terbaik

Rumah Papan Sederhana di Desa

Rekomendasi Rumah Papan Sederhana Di Desa – Tertarik Membangun Rumah Kayu? Nah kami disini akan bahas rumah papan sederhana di desa. Tidak hanya untuk furniture, namun sebenarnya kayu juga populer digunakan sebagai bahan bangunan rumah. Rumah kayu sendiri sudah ada sejak lama dan masih diminati hingga saat ini.

Pasalnya, rumah kayu tidak lekang oleh waktu dan bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya. Anda ingin rumah kayu bergaya kuno? Mungkin Anda ingin rumah kayu dengan gaya yang lebih modern?  Semuanya bisa disesuaikan dengan gaya Anda.

Baca Juga: Mengenal Jenis & Nama Rumah Adat Sulawesi Utara

Seperti rumah dengan model lainnya, rumah kayu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda juga perlu mempertimbangkan poin-poin ini sebelum memutuskan untuk tinggal di rumah kayu. Berikut ini keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Keuntungan dari Rumah Kayu

Keuntungan menggunakan rumah kayu yaitu hemat energi. Karena Kayu merupakan isolator alami, sehingga dapat menjebak udara panas dan dingin di dalam rumah. Misalnya, saat cuaca panas, udara sejuk dan sejuk dapat terperangkap dengan baik di dalam rumah kayu.

Begitu pula sebaliknya, rumah kayu Anda cenderung lebih hangat saat cuaca dingin. Jadi, Anda tidak perlu sering-sering menyalakan AC atau kipas angin untuk mendinginkan rumah saat cuaca panas, sehingga Anda bisa menghemat penggunaan listrik dan energi di rumah.

1. Desain Kayu Yang Unik Dan Indah

Tidak ada kayu yang memiliki bentuk dan motif yang sama persis karena berasal dari alam. Jadi, penggunaan kayu bisa menambah nilai estetika tersendiri pada rumah Anda. Selain itu, ada berbagai jenis kayu dengan desain, warna, bahkan bau yang berbeda. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih material yang tepat untuk rumah kayu Anda.

2. Kayu Fleksibel

Meski terlihat keras, kayu sebenarnya merupakan bahan yang elastis sehingga sangat fleksibel dan mudah dibentuk. Jadi, Anda bisa merenovasi atau memodifikasi rumah Anda dengan lebih mudah. Tidak perlu khawatir dengan limbah kayu yang Anda hasilkan saat memodifikasi atau merenovasi rumah Anda, karena kayu sangat mudah didaur ulang. Jadi, ini sebenarnya sangat cocok untuk Anda yang menyukai gaya hidup ramah lingkungan pedesaan.

Desain Rumah Papan Minimalis Modern Tampak Alami

Saat ini, desain rumah minimalis yang terbuat dari papan atau kayu sudah jarang ditemukan di Indonesia. Selain harga rumah kayu minimalis yang mahal, tampilan rumah papan minimalis juga jarang terlihat.

Meski terlihat menyatu dengan alam sekitar, rumah minimalis plank ternyata turut andil dalam meningkatkan pemanasan global. Pasalnya, kayu yang digunakan sebagai material rumah berasal dari pohon besar yang berfungsi menyerap emisi karbon yang menjadi penyebab utama pemanasan global.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Penggunaan kayu yang meningkatkan pemanasan global ditujukan untuk model rumah kayu panggung dengan desain lebih dari 2 lantai, dengan luas yang relatif besar sehingga membutuhkan kayu yang lebih banyak. Bagi Anda pecinta kayu, memiliki rumah plank minimalis modern tentu tidak menimbulkan masalah besar.

Baca Juga: 6 Tips Menata Denah Rumah Minimalis Terbaik

Rumah papan minimalis memang jauh lebih nyaman daripada rumah yang terbuat dari batu dan semen. Meskipun dinding lebih tipis dari dinding, rumah papan minimalis lebih mampu menghangatkan di musim dingin dan lebih tahan panas selama musim kemarau. Sekarang ini desain rumah minimalis berbahan papan atau kayu jarang ditemukan di Indonesia.

Karena harga rumah kayu minimalis yang sedikit mahal serta penampilan rumah minimalis papan juga kurang lazim dilihat. Padahal rumah kayu minimalis ini banyak dijumpai di luar negeri  dan termasuk yang paling diminati karena desainnya menyatu dengan konsep alam.

1. Rumah Papan Bilik di Atas Kolam

Rumah  jenis ini dibangun di atas kolam di area persawahan sama seperti rumah bilik. Rumah papan sederhana di desa yang biasa digunakan sebagai saung tempat istirahat.

2. Rumah Papan Sederhana di Pantai

Rumah papan sederhana berikutnya berada di pesisir pantai. Selain itu, rumah panggung bekerja agar tak mudah terkena pasang air laut.

3. Rumah Papan Menawan di Desa

Jika anda lebih menyukai desain rumah lebih modern, anda bisa meniru desain rumah yang satu ini. Bangunan rumah panggung yang satu ini lebih kokoh dan kuat karena perpaduan dari bahan papan kayu dan bata.

4. Rumah Papan Modern

Siapa bilang rumah di pedesaan tidak boleh modern? Anda juga bisa loh Buat rumah papan sederhana di desa dengan gaya yang lebih modern dan minimalis dengan desain yang satu ini. Pada bagian Rumah ini terdapat jendela kayu menggunakan kaca dan pintu kayu dengan tampilan yang menyatu dengan pemandangan indah di pedesaan.

5. Rumah Sederhana di Kampung

Desain rumah yang satu ini, mungkin sudah umum anda temukan di desa-desa Indonesia. Rumah yang satu ini, memiliki penampilan yang tampak indah dengan sebuah pondasi dari bahan semen pada bagian bawahnya.

6. Rumah Papan Mungil di Desa

Jika anda lebih menginginkan rumah yang mungil, desain ini bisa anda jadikan inspirasi. Rumah panggung ini memiliki bagian bawah yang tidak terlalu tinggi, namun bekerja sebagai ruangan tambahan.

Demikian penjelasan dari saya tentang rekomendasi Rumah Papan Sederhana Di Desa semoga bermanfaat, terima kasih.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Rekomendasi Artikel