Inspirasi Desain Bungalow, Contoh dan Pengertiannya

desain bungalow Rumah kayu minimalis

Inspirasi Desain Bungalow Rumah Kayu Minimalis – Bagi Anda yang sering bersenang-senang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah bungalow. Tapi tahukah Anda perbedaan antara bungalow dan villa atau resort? Mencari suasana baru untuk merilekskan tubuh dan pikiran sejenak jelas Anda butuhkan saat merasa bosan.

Anda membutuhkan tempat baru untuk menghabiskan waktu dan melepaskan diri dari kesibukan Anda namun tetap merasa nyaman seperti di rumah sendiri. Nah, dari beberapa pilihan penginapan yang tersedia, mungkin anda  bisa mempertimbangkan sebuah bungalow.

Bungalow adalah rumah satu lantai dengan atap miring, berbentuk kecil, dan memiliki teras. Nama ini asalnya dari kata Hindi yang artinya sebuah rumah minimalis dengan gaya Bengali. Di Inggris Raya, bungalow menjadi bahan ejekan karena tersebarnya rumah tipe bungalow yang dibangun dengan buruk di sana.

Desainnya menjadi populer dalam perkembangan perumahan di kota-kota Amerika pada tahun 1920-an. Desainnya umum di Amerika dengan langit-langit tinggi, pintu dan jendela besar, dan atap atau beranda yang memberikan keteduhan. Bungalow masih sering dibangun sebagai pondok musim panas atau sebagai rumah di daerah yang hangat.

Karena tidak banyak lantai, bungalow ini cocok untuk tempat tinggal orang tua. Selain hemat biaya, hunian ini juga memberikan privasi lebih dibandingkan rumah tradisional kebanyakan karena biasanya tertutup oleh rindangnya pepohonan dan semak belukar. Ditambah lagi, sebagai investasi nilainya tetap terjaga relatif tinggi. Jika Anda sedang mencari bungalow, jangan lewatkan untuk membaca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Bungalow?

Kebanyakan orang tahu bungalow sebagai rumah kecil satu atau satu setengah lantai dengan teras depan. Namun ternyata konsep bungalow jauh lebih kompleks. Desain dan popularitasnya tampaknya berasal dari gagasan bahwa kesederhanaan dan seni dapat digabungkan menjadi perumahan yang terjangkau. Tidak mengherankan hingga hari ini, bungalow tetap menjadi jenis tempat tinggal yang sangat populer.

Rumah jenis Bungalow ini akan memberikan kesan bagi banyak orang agar dapat membeli rumah terjangkau yang bergaya, nyaman dan dibangun dengan baik. Dalam hal ukuran dan luas persegi, bungalow biasanya kecil dan sering dibedakan dengan adanya jendela atap dan beranda. Dengan karakteristik bangunannya, bungalow relatif hemat biaya dan mudah perawatannya.

Baca Juga: Rumah Panggung Minimalis: Inspirasi Desain & Cara Membuatnya

Desain bungalow yang tidak memanjang ke atas membuat hunian ini memakan banyak lahan. Artinya biaya awal lebih tinggi karena biaya per meter persegi lebih mahal dan juga membutuhkan lebih banyak bahan untuk atap. Namun, karena bungalow menempati lebih banyak lahan dibandingkan dengan rumah bertingkat, mereka cenderung memberikan lebih banyak ruang untuk modifikasi dan penambahan di masa depan.

Inspirasi Desain Bungalow dan Contohnya

Keuntungan tinggal di bungalow satu lantai jelas terkait dengan aksesibilitas untuk keluarga dengan anak dan orang tua. Namun terlepas dari banyaknya nilai plus dari bungalow, konsep hunian ini juga masih memiliki konotasi negatif bagi sebagian orang.

Di antaranya terkait dengan tempat tinggal masa lalu yang dibangun dengan buruk setelah perang. Bahkan dulunya juga sering diejek sebagai rumah bagi orang tua. Tentu saja, selalu ada peluang untuk membangun rumah baru satu lantai atau merenovasi bungalow untuk menciptakan rumah unik yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Rumah Kayu Mungil Kekinian

Tata letak satu lantai berarti tidak ada tangga, akses taman potensial dari kamar tidur, dan kesempatan untuk memiliki lampu langit-langit dan atap di ruang tamu untuk menciptakan interior yang lapang dan dipenuhi cahaya. Di bawah ini adalah beberapa desain bungalow yang bisa Anda pertimbangkan.

Desain Bungalow Bergaya Kontemporer

Desain ini menampilkan plesteran, kayu, sirap dan dinding horizontal. Jika Anda ingin memberikan tampilan yang lebih mewah dengan inspirasi gaya Inggris, rumah-rumah ini memiliki atap yang curam dengan desain cerobong asap yang besar dan megah yang menambah tampilan keseluruhan. Desain jenis ini juga memiliki jendela tinggi dengan ukiran kayu dekoratif.

Desain Bungalow Gaya Tradisional

Anda dapat mencoba bungalow pengrajin yang terinspirasi oleh bahan alami dan pedesaan, Anda dapat menemukannya dalam warna coklat atau hijau tua untuk dengan mudah berbaur dengan lanskap lokal. Mereka memiliki atap menjorok lebar dengan atap pelana menghadap ke jalan. Membuat bungalow ini lebih mudah dikenali.

Desain Bungalow Bergaya Minimalis

Rumah kayu bungalow ini bisa dibuat secara sederhana namun juga dapat memberikan kesan homey. Atapnya terbuat dari genteng yang berwarna coklat. Agar dapat menjamin semua ruangan mendapat penerangan dan ventilasi yang baik, disini ada beberapa jendela yang di letakkan di semua sisi rumah.

Desain Bungalow Gaya Bali

Desain tropis adalah tentang kenyamanan dan kemudahan. Gaya dengan konsep Alam yang menyatu mulus ke dalam interior akan menciptakan oasis Bali indoor dan outdoor. Dengan penggunaan bahan baku bata ekspos, cetakan tebal dan cerah semuanya merupakan desain khas yang sudah umum.

Desain Bungalow Gaya Modern

Desain Bungalow Gaya Modern ini terinspirasi oleh gerakan modernis dengan penggunaan beton, kaca, dan logam yang mencolok. Garis-garis yang bersih dan menentukan karakteristik bungalow dengan interior yang biasanya luas, terang, dan lapang untuk diperhatikan.

Demikian penjelasan dari saya tentang Inspirasi Desain Bungalow Rumah Kayu Minimalis semoga bermanfaat, terimakasih.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Rekomendasi Artikel